The exterior of the Rietveld Schröder House, Wikimedia
Istilah 'minimalis' adalah tren dari awal abad ke-19 dan secara bertahap menjadi gerakan penting dalam respon terhadap desain sebelum, yang lebih banyak menggunakan unsur dekorasi. Desain minimalis bukan desain yang sangat populer, tetapi desain ini merambah di segala bidang kehidupan; seni visual, musik, fashion, film, otomotif, web dan lain-lain. Di London dan New York, arsitektur minimalis populer di akhir 1980-an, di mana arsitek dan perancang busana bekerja sama di butik untuk mencapai kesederhanaan. Dimana desainnya banyak menggunakan elemen putih, pencahayaan dingin, ruangan yang besar dengan pemakaian sedikit furnitur. Arsitektur minimalis menyederhanakan ruang hidup untuk mengungkapkan kualitas penting dari bangunan dan menyampaikan kesederhanaan dalam sikap terhadap kehidupan.
Desain minimalis digunakan untuk menggambarkan tren dalam desain dan arsitektur dimana subjek direduksi menjadi elemen yang diperlukannya. Kata-kata "gaya minimalis" cenderung menyulap pikiran ruang kosong tanpa kepribadian dan gaya. Gaya minimalis jauh lebih dari itu. Ini adalah gaya dekorasi dan hidup di mana tujuannya adalah untuk mengexpose fitur-fitur elemen yang paling mendasar. Dalam dekorasi, itu berarti menghilangkan unsur yang tidak perlu dan menemukan keindahan dalam kesederhanaan.
Inovasi berbagai material seperti baja, beton, dan kaca, standardisasi, dan efisiensi memberi tantangan baru dalam dunia desain. Berbagai pemikiran tentang desain minimalis telah banyak dikemukakan oleh arsitek lokal di Eropa dan Amerika. Pada saat itu mereka telah berusaha untuk menemukan format arsitektur baru yang mencerminkan semangat untuk mencoba meninggalkan pengaruh arsitektur klasik.
Minimalis dalam arsitektur menekankan hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk geometris elementer tanpa ornamen atau dekorasi menjadi karakternya. Mengacu pada pendapat Carlos Rego itu, dapat dikatakan arsitektur minimalis dikenal sebagai abad modern, abad yang diramaikan berbagai kemajuan sebagai hasil dari revolusi industri.
Konsep dan elemen desain
Konsep arsitektur minimalis adalah pencapaian ke kualitas yang esensial untuk menghasilkan kesederhanaan. Idenya adalah tidak sepenuhnya tanpa ornamen, tetapi bahwa semua bagian, detail dan pemakaian bahan dari kayu dikurangi ke tahap di mana tidak ada yang dapat menghapus apa-apa lagi untuk meningkatkan desain.
Pertimbangan untuk 'esensi' ringan, bentuk, detail dari materi, ruang, tempat dan kondisi manusia. arsitek minimalis tidak hanya mempertimbangkan kualitas fisik bangunan. Selain itu, mereka melihat secara mendalam ke dimensi spiritual dan tak terlihat, dengan memperhatikan detail, ruang, alam dan bahan. Yang mengungkapkan kualitas abstrak sesuatu yang tidak terlihat dan mencari esensi dari sifat-sifat yang tak terlihat. Seperti cahaya alami, langit, bumi dan udara. Selain itu, mereka membuka dialog dengan lingkungan sekitarnya untuk menentukan bahan yang paling penting untuk pembangunan dan menciptakan hubungan antara bangunan dan lingkungan sekitarnya.
Dalam arsitektur minimalis, elemen desain menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, unsur tanpa hiasan, bahan-bahan sederhana dan pengulangan struktur mewakili rasa ketertiban dan kualitas penting pemakaian cahaya alami pada bangunan mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih.
Pembangunan
Penerapan bahasa desain minimalis pada dasarnya ada tampilan arsitektur modern, tetapi hadir di masa lalu. Dalam banyak periode sejarah arsitektur, pembangun dan arsitek berusaha untuk memberikan bentuk murni bangunan dan geometri yang jelas. Dengan demikian, di Basilika Constantine di Trier pada akhir zaman sudah kehilangan elemen dekoratif
Ciri
Bentuk bangunan minimalis sering memiliki bentuk persegi. Mereka mencari kemurnian bentuk dan geometricism. Ketika digunakan bahan bangunan dari kaca, beton, baja dan batu alam, gaya arsitektur tidak dapat selalu menonjol ke penampil berbeda dari gaya lain karena batas antara gaya modern sering kabur dan kedua gaya arsitektur itu akan berbeda apabila dilihat dari dekat.
Desain minimalis dipengaruhi oleh hal-hal tertentu yang datang sebelumnya, seperti:
Gerakan Seni De Stijl
De Stijl merupakan gerakan seni di Belanda dimulai sekitar tahun 1917 sampai sekitar awal tahun 1930-an. De Stijl memperluas ide-ide dengan mengorganisir elemen dasar seperti garis dan bidang yang mendukung materialisme dan fungsionalisme. Secara umum, De Stijl mengusulkan kesederhanaan dan abstraksi dengan mengurangi desain hanya untuk bentuk penting saja, baik dalam arsitektur dan lukisan, dengan menggunakan garis-garis lurus horizontal dan vertikal dan bentuk persegi panjang. Selanjutnya, pemakaian warna gerakan ini terbatas pada warna primer, merah, kuning, dan biru, dan tiga nilai utama, hitam, putih, dan abu-abu. Gerakan ini meliputi pelukis, pematung, arsitek, dan desainer.
Dalam filsafat Neoplatonis dari matematikawan MHJ Schoenmaekers. Karya-karya De Stijl akan mempengaruhi gaya Bauhaus dan gaya arsitektur internasional, fashion dan desain interior. Namun, tidak mengikuti pedoman umum seperti Kubisme, Futurisme, Surealisme juga tidak mematuhi prinsip-prinsip sekolah seni seperti Bauhaus.
De Stijl berpengaruh pada arsitektur tetap cukup lama setelah 1931, Mies van der Rohe merupakan salah satu pendukung paling penting dari ide-idenya. Antara tahun 1923 dan 1924, Rietveld merancang Rietveld Schröder House, satu-satunya bangunan telah dibuat benar-benar sesuai dengan prinsip De Stijl. Contoh Stijl-dipengaruhi bekerja dengan J.J.P. Oud dapat ditemukan di Rotterdam (Café De Unie) dan Hoek van Holland.
Café De Unie, Calandplein, Rotterdam. 1925, Wikimedia.
Arsitek Mies van der Rohe
Ludwig Mies van der Rohe adalah seorang arsitek Jerman yang yang dianggap sebagai pelopor arsitektur modern, dan gaya arsitektur selama pasca-Perang Dunia I meletakkan dasar untuk desain minimalis. Dia telah merancang banyak bangunan landmark, termasuk Chicago Crown Hall dan Gedung Seagram New York.
Chicago Crown Hall,Wikimedia
Van der Rohe mengupayakan kesederhanaan dan kejelasan dalam desain arsitektur nya dengan mengeksplorasi kemajuan integrasi industri (seperti baja dan kaca), teknologi dalam arsitektur, dan antidekorasi. Dia mendesain kerangka struktural yang minimal dan menciptakan banyak ruang terbuka.
Arsitek Ludwig Mies van der Rohe mengadopsi motto " Less is more " untuk menggambarkan teknik estetikanya mengatur berbagai komponen yang diperlukan sebuah gedung untuk menciptakan kesan kesederhanaan dengan menggunakan setiap elemen dan detail untuk melayani tujuan beberapa visual dan fungsional ( misalnya, merancang lantai juga berfungsi sebagai radiator).
Gedung Seagram New York, Wikimedia
Buckminster Fuller
Buckminster Fuller adalah seorang desainer Amerika yang terbaik dikenal untuk desain arsitekturnya kubah geodesik. Lahir pada tahun 1895, futuris kecenderungan Fuller membantunya untuk merancang kubah geodesik minimalis di pertengahan abad ke-20 yang bisa berdiri sendiri dan masih berdiri saat ini.
Konsep dan bangunannya meliputi:
Spaceship Earth at Epcot, Walt Disney World, a geodesic sphere, wikimedia
- Dymaxion house (1928)
- Aerodynamic Dymaxion car (1933)
- Prefabricated compact bathroom cell (1937)
- Dymaxion Deployment Unit (1940)
- Dymaxion Map of the world (1946)
- Buildings (1943)
- Tensegrity structures (1949)
- Geodesic dome for Ford Motor Company (1953)
- Patent on geodesic domes (1954)
- The World Game (1961) and the World Game Institute (1972)
- Patent on octet truss (1961)
- Montreal Biosphère (1967), United States pavilion at Expo 67
- Comprehensive Anticipatory Design Science
Le Corbusier
Le Corbusier (nama asli: Charles-Edouard Jeanneret; lahir 6 Oktober 1887 – meninggal 27 Agustus 1965 pada umur 77 tahun) adalah arsitek Swiss yang terkenal. Ia juga adalah seorang perencana perkotaan, pelukis, pemahat, penulis dan perancang perabot. Corbusier dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menyadari pengaruh mobil terhadap bentuk dan rancangan pemukiman manusia. Ia tidak menyukai segala bentuk hiasan atau ornamentasi pada bangunan, dan pernah mengatakan bahwa "semua bangunan seharusnya berwarna putih".
Villa Savoye, wikimedia
Antara karya-karyanya yang paling terkenal:
Kursi Chaise longue 'LC4'
1928 - Villa Savoye, Poissy-sur-Seine, Perancis
1947-1952 - Unité d'Habitation, Marseille, Perancis
1948-1951 - Usine Claude et Duval, Saint-Dié-des-Vosges, Perancis
1950-1955 - Chapelle Notre Dame du Haut, Ronchamp, Perancis
Ada banyak orang yang melakukan desain minimalis, tapi seperti dengan tren atau gerakan, tetapi mereka merupakan tokoh kunci yang lebih menonjol dan berpengaruh daripada yang lain. Karya-karya mereka diatas menyiratkan bentuk elementer, fungsional, dan antidekorasi ini bisa disebut desain arsitektur minimalis.
Pengaruh dari tradisi Jepang
Ide kesederhanaan muncul dalam banyak kebudayaan, terutama budaya tradisional Jepang dengan Filsafat Zen-nya. Jepang memanipulasi budaya Zen ke dalam estetika dan desain elemen untuk bangunan mereka Gagasan arsitektur telah mempengaruhi Masyarakat Barat, khususnya di Amerika sejak pertengahan abad ke-18.
Konsep kesederhanaan zen mengirimkan ide-ide kebebasan dan esensi hidup. Kesederhanaan tidak hanya nilai estetika, memiliki persepsi moral yang melihat ke dalam sifat kebenaran dan mengungkapkan sifat batin bahan dan objek untuk esensi.
Prinsip estetika Jepang dari Ma mengacu pada ruang kosong atau terbuka. Itu menghilangkan semua dinding didalam ruangan yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Kekosongan dari penataan ruang adalah ide lain yang mengurangi segala sesuatu ke kualitas yang paling penting.
Estetika Jepang Wabi-sabi menghargai kualitas obyek sederhana dan polos. Hal menghargai adanya fitur yang tidak perlu untuk melihat kehidupan dalam ketenangan dan mengungkapkan karakter bawaan bahan. Sebagai contoh, seni tumbuhan Jepang, juga dikenal sebagai Ikebana memiliki arti membiarkan bunga mengungkapkan sendiri. Orang-orang memotong cabang-cabang, daun dan bunga dari tanaman dan hanya mempertahankan bagian penting dari tanaman. Ini menyampaikan gagasan kualitas penting dan karakter bawaan di alam.
MA terwujud dalam kehidupan arsitektur, desain taman Jepang dan merangkai bunga (Ikebana). Namun, jauh dari hanya sebuah konsep tata ruang, MA selalu hadir dalam semua aspek kehidupan sehari-hari Jepang, yang berlaku untuk waktu serta tugas sehari-hari.
Hasil Kongres C.I.A.M. (Congrès International d'Architecture Moderne) II
C.I.A.M. II diadakan di kota Frankfurt Jerman pada tahun 1929 yang bertema “Die Wohnung fur das exixtenz minimum”, yang kira-kira bermakna, bagaimana merancang di atas lahan yang terbatas dengan efisiensi tinggi dan batasan pokok standar hidup yang minimal.
Kongres menghasilkan resume sebagai berikut :
- mengklasifikasi unit bangunan hunian/rumah dalam sebuah blok perumahan bertingkat
- membuat tipe unit hunian yang diklasifikasikan atas dasar tipe keluarga, yangkemudian diklasifikasikan lagi atas dasar perkiraan umum (keluarga muda,dewasa, dan tua)
- tipe unit hunian yang terkecil yang mungkin dibuat adalah ‘one roomapartement’, berupa sebuah kamar dengan segala fasilitas standarnya.
Congres Internationaux d'Architecture Moderne (CIAM) adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 1928 dan dibubarkan pada tahun 1959, bertanggung jawab untuk serangkaian acara dan kongres diatur di seluruh dunia oleh arsitek yang paling menonjol waktu itu, dengan tujuan menyebarkan prinsip-prinsip Gerakan Modern di semua domain utama arsitektur (seperti lanskap, urbanisme, desain industri, dan banyak lainnya).
Itulah sedikit ulasan mengenai arsitektur minimalis, semoga ada mamfaatnya.
Referensi : http://en.wikipedia.org
Itulah sedikit ulasan mengenai arsitektur minimalis, semoga ada mamfaatnya.
Referensi : http://en.wikipedia.org
I believe that with regards to Joe, you definitely
ReplyDeleteget what you pay for.