Melihat pengaruh diatas, arsitektur Indonesia dapat dibagi menjadi:
Arsitektur Tradisional
Kelompok etnis di Indonesia sering dikaitkan dengan bentuk khas mereka sendiri. Rumah-rumah adat merupakan pusat aktifitas, hubungan sosial, hukum adat, tabu, mitos dan agama yang mengikat penduduk desa bersama-sama. Arsitektur tradisional tempat aktivitas manusia yang berhubungan dengan bangunan atau wadah aktivitas dan lingkungan yang diwarnai oleh budaya dan adat istiadat setempat. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai jenis arsitektur tradisional yang berbeda. Rumah tradisional Indonesia tidak didesain oleh arsiktek. Orang desa membuat rumahnya sendiri, atau desanya menyatukan sumber untuk membangun struktur dibawah bimbingan pemimpin tukang kayu.
Arsitektur tradisional di Indonesia berasal dari dua sumber; dari tradisi Hindu besar dibawa ke Indonesia dari India melalui Jawa dan arsitektur pribumi asli. Rumah-rumah tradisional/vernakular yang kebanyakan ditemukan di daerah pedesaan dibangun dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti atap ilalang, bambu, anyaman bambu, kayu kelapa, dan batu. Bangunan adalah penyesuain sepenuhnya selaras dengan lingkungan sekitar. Rumah-rumah di pedalaman di Indonesia masih banyak yang menggunakan bambu, namun dengan seiring dengan proses modernisasi, bangunan-bangunan bambu ini sedikit demi sedikit diganti dengan bangunan dinding bata.
Rumah-rumah tradisional Indonesia memiliki sejumlah karakteristik dengan rumah-rumah dari daerah Austronesia lainnya. Struktur Austronesia awal adalah rumah panjang komunal kayu panggung, dengan kemiringan atap yang cukup curam, seperti yang terlihat dalam rumah adat, misalnya, Rumah adat Batak, Toraja, Nias. Prinsip rumah panjang komunal ditemukan di antara orang-orang Dayak dari Kalimantan, serta masyarakat Mentawai.
Rumah adat (Omo Hada) Nias, Omo Sebua
Rumah adat Tana Toraja
Rumah adat Batak Toba
Norma merupakan pedoman dalam membangun rumah adat, balok dan palang merupakan sistem struktural yang mengambil beban langsung ke tanah dengan dinding kayu atau bambu bahan yang baik tidak dan mempunyai beban ringan. Secara tradisional, pondasi ompak dan pasak kayu dan bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, jerami dan serat biasanya digunakan pada rumah-rumah tradisional.
Tempat tinggal tradisional telah dikembangkan untuk menanggapi iklim musim panas dan basah di Indonesia. Seperti umumnya di seluruh Asia Tenggara dan Pasifik Barat, sebagian Rumah adat yang dibangun di atas panggung, dengan pengecualian Jawa dan Bali membangun rumah di atas tanah langsung yang menyesuaikan dengan suhu tropis yang panas. Rumah adat yang dibangunan dengan bentuk panggung, tentunya mempunyai tujuan, seperti menghindari dari bahaya hewan buas, para musuh, dan menghindari kelembaban barang, makanan, mengurangi resiko bahan bangunan cepat rusak dan rayap. Bentuk atap dengan kemiringan yang cukup tajam memungkinkan air hujan cepat turun, dan atap menjorok keluar untuk melindungi dinding rumah dari air hujan serta memberikan keteduhan dalam panas. Di daerah pesisir dataran rendah yang panas dan lembab, rumah memiliki banyak jendela untuk sirkulasi udara, sedangkan di daerah pedalaman pegunungan dingin, rumah sering memiliki atap yang luas dan beberapa jendela.
Rumah adat suku Dayak, Kalimantan
Rumah adat Nusa Tenggara Barat
Rumah adat Lampung
Rumah Adat Bugis, Sulawesi Selatan
Arsitektur keagamaan
Walaupun arsitektur keagamaan tersebar luas di seluruh pelosok Indonesia, seni arsitektur ini berkembang pesat di Pulau Jawa. Pengaruh sinkretisasi agama di Jawa meluas sampai ke dalam arsitektur, sehingga menghasilkan gaya-gaya arsitektur yang berkhas Jawa untuk bangunan-bangunan ibadah agama Hindu, Buddha, Islam, dan sampai ke umat yang berjumlah kecil yaitu Kristen.
Sejumlah bangunan agama seperti candi, yang seringkali berukuran besar dan didisain secara kompleks, banyak dibangun di Pulau Jawa pada zaman kejayaan kerajaan Hindu-Buda Indonesia antara abad ke-8 sampai ke-14. Candi-candi Hindu tertua yang masih berdiri di Jawa terletak di Pegunungan Dieng. Diperkirakan dahulu terdapat sekitar empat ratus candi di Dieng yang sekarang hanya tersisa delapan candi. Pada awalnya, struktur bangungan-bangunan di Dieng berukuran kecil dan relatif sederhana. Akan tetapi tingkat kemahiran arsitektur di Jawa semakin meningkat. Dalam kurun waktu seratus tahun saja kerajaan kedua Mataram telah dapat membangun kompleks candi Prambanan di dekat Yogyakarta yang dianggap sebagai contoh arsitektur Hindu terbesar dan terbagus di Jawa.
candi Prambanan
Candi Borobudur
Candi Borobudur, sebagai monumen umat Buddha yang tercantum di dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, dibangun oleh wangsa Syailendra antara tahun 750 sampai dengan 850 Masehi, tetapi kemudian ditinggalkan sesaat seketika Borobudur telah siap dibangun, merujuk pada saat mundurnya agama Buddha dan perpindahan kekuasaan ke sebelah timur Jawa. Borobodur memiliki sejumlah besar pahatan-pahatan menarik yang menampilkan cerita yang apabila dicermati mulai dari tingkat bawah sampai ke tingkat atas merupakan metafor peraihan pencerahan. Dengan mundurnya Kerajaan Mataram, sebelah timur Jawa menjadi pusat arsitektur keagamaan dengan gaya yang sangat menarik yang mencerminkan Siwaisme, Buddha dan pengaruh khas Jawa; sebuah fusi yang mencerminkan karakteristik agama di seluruh pulau Jawa.
Masjid Agung Demak
Pada abad kelima belas, Islam telah menjadi agama yang dominan di Jawa dan Sumatera, dua pulau yang paling padat penduduknya di Indonesia. Seperti Hindu dan Budha sebelum, agama baru, dan pengaruh asing yang menyertainya, diserap dan ditafsirkan kembali, dengan masjid diberikan interpretasi Indonesia/Jawa yang unik. Pada saat itu, masjid Jawa mengambil banyak isyarat desain dari Hindu, Budha, dan pengaruh arsitektur bahkan Cina (lihat gambar " Masjid Agung " di Yogyakarta ). Mereka tidak memiliki, misalnya, kubah Islam di mana-mana yang tidak muncul di Indonesia sampai abad ke-19, tapi punya kayu , multi-level atap tinggi mirip dengan pagoda candi Hindu Bali masih umum hari ini. Sejumlah masjid awal yang signifikan bertahan hidup , terutama di sepanjang pantai utara Jawa . Ini termasuk Mesjid Agung Demak, yang dibangun pada 1474, dan Masjid Kudus Menara di Kudus ( 1549 ) yang menara dianggap menara menonton sebuah kuil Hindu sebelumnya. Gaya masjid Jawa pada gilirannya mempengaruhi gaya arsitektur masjid di antara tetangga, antara lain masjid di Kalimantan, Sumatera, Maluku, dan juga negara tetangga Malaysia, Brunei dan Filipina Selatan. Masjid Sultan Suriansyah di Banjarmasin dan Masjid Kampung Hulu di Malaka misalnya menampilkan pengaruh Jawa .
Pada abad ke-19, kesultanan kepulauan Indonesia mulai mengadopsi dan menyerap pengaruh asing dari arsitektur Islam, sebagai alternatif untuk gaya Jawa sudah populer di Nusantara. Gaya Indo -Islam dan Moor terutama disukai oleh Kesultanan Aceh dan Kesultanan Deli , seperti yang ditampilkan dalam Masjid Baiturrahman Banda Aceh dibangun pada 1881, dan Masjid Medan Ulasan Grand dibangun pada tahun 1906. Khususnya selama dekade sejak Indonesia merdeka, masjid cenderung dibangun dalam gaya lebih konsisten dengan gaya Islam global, yang mencerminkan tren di Indonesia terhadap praktek yang lebih ortodoks Islam .
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Arsitektur Istana
Arsitektur istana dari berbagai kerajaan dan alam Indonesia, lebih sering didasarkan pada gaya domestik vernakular adat daerah. Arsitektur istana mampu mengembangkan versi yang lebih megah dan rumit dari segi detail arsitektur dibandingkan dengan arsitektur tradisional. Di Kraton Jawa, misalnya, pendopos besar dari bentuk atap joglo dengan gaya atap tumpang sari lebih rumit tapi berdasarkan bentuk pada Jawa umumnya, sementara omo sebua ("Rumah kepala suku") di Bawomataluo, Nias adalah versi yang besar dari rumah di desa, istana orang Bali seperti Puri Agung Gianyar gunakan bale tradisional, dan Istana Pagaruyung adalah versi tiga lantai dari Minangkabau Rumah Gadang.
Istana Basa Pagaruyung (Sumatera Barat)
Istana Yogyakarta
Mirip dengan tren dalam arsitektur domestik, dua abad terakhir telah melihat penggunaan elemen Eropa dalam kombinasi dengan unsur tradisional, meskipun pada tingkat yang jauh lebih canggih dan mewah dibandingkan dengan rumah-rumah domestik.
Di istana Jawa pendopo adalah aula tertinggi dan terbesar dalam kompleks. Sebagai tempat di mana raja duduk di singgasananya, dan di tempat itu biasanya diadakan acara-acara seremonial, sementara masyarakat biasa tidak memiliki akses ke ruang ini.
Istana Maimun, Sumatera Utara, dipengaruhi kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia
Arsitektur Kolonial
Pada abad ke-16 dan 17 melihat kedatangan kekuatan Eropa di Indonesia yang menggunakan batu untuk banyak konstruksi mereka. Sebelumnya kayu dan produk sampingannya telah hampir secara eksklusif digunakan di Indonesia, dengan pengecualian beberapa arsitektur agama dan istana utama. Salah satu yang pertama adalah pemukiman Belanda di Batavia (kemudian bernama Jakarta ) yang pada abad-17 dan 18 adalah batu bata benteng dan kota batu.
Selama hampir dua abad, para penjajah telah menyesuaikan arsitektur Eropa mereka terhadap iklim tropis. Di Batavia, misalnya, mereka membangun kanal melalui daerah dataran rendah, yang yang diberi jendela kecil dan berventilasi buruk pada rumah, terutama dalam gaya hibrida Cina -Belanda. Kanal-kanal menjadi tempat pembuangan limbah berbahaya dan limbah dan tempat berkembang biak yang ideal bagi nyamuk anopheles, malaria dan disentri menjadi tersebar di seluruh ibukota kolonial Hindia Belanda.
Ceremonial Hall, Institut Teknologi Bandung, Bandung, arsitek Henri Maclaine Pont
Meskipun rumah-rumah petak , kanal dan dinding padat tertutup pertama kali dianggap sebagai perlindungan terhadap penyakit tropis yang berasal dari udara tropis, tahun kemudian dipelajari Belanda untuk menyesuaikan gaya arsitektur mereka dengan fitur bangunan lokal (atap panjang , beranda , serambi tiang, jendela besar dan ventilasi). vila Indo - Eropa abad ke-19 berada di antara bangunan kolonial pertama yang memasukkan unsur-unsur arsitektur Indonesia dan berusaha beradaptasi dengan iklim. Bentuk dasar, seperti tata ruang dan penggunaan joglo dan struktur atap limas pada bangunan rumah Jawa, tetapi dimasukkan unsur-unsur dekoratif Eropa seperti kolom neo-klasik di beranda dalam. Bahwa rumah Indo - Eropa pada dasarnya rumah Indonesia dengan garis Eropa, pada awal abad ke-20, tren itu untuk modernis pengaruh-seperti seni deco yang dinyatakan dalam bangunan dasarnya Eropa dengan lis Indonesia ( seperti atap bernada tinggi yang digambarkan rumah dengan Javan ridge detail ). Langkah-langkah praktis dibawa dari hibrida sebelumnya Indo - Eropa, yang menanggapi iklim Indonesia, termasuk atap yang menjorok keluar, jendela besar dan penggunaan ventilasi di dinding.
Villa Isola, tampak depan (ca.1933-40)
Pada akhir abad ke-19, perubahan besar yang terjadi di sebagian besar kolonial Indonesia, khususnya Jawa. Perbaikan yang signifikan untuk teknologi, komunikasi dan transportasi telah membawa kekayaan baru ke kota-kota Jawa dan perusahaan swasta telah mencapai pedesaan. Bangunan Campuran yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut muncul dalam jumlah besar, dan sangat dipengaruhi oleh gaya internasional. Bangunan-bangunan baru termasuk stasiun kereta api, hotel bisnis, pabrik-pabrik dan kantor, rumah sakit dan lembaga pendidikan. Saham terbesar bangunan era kolonial di kota-kota besar di pulau Jawa, seperti Bandung, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Bandung adalah catatan khusus dengan salah satu koleksi terbesar yang tersisa dari tahun 1920-an bangunan Art Deco di dunia, dengan karya terkenal dari beberapa arsitek Belanda dan perencana, termasuk Albert Aalbers, Thomas Karsten, Henri Maclaine Pont, J Gerber dan CPW Schoemaker.
salah satu rumah gaya kolonial di bandung yang beradaptasi dengan gaya lokal
Arsitektur Post Independence
Modernisme awal abad kedua puluh masih sangat jelas di Indonesia, sekali lagi sebagian besar di Jawa. Tahun 1930-an depresi dunia yang menyengsarakan Jawa, dan diikuti oleh satu dekade perang, revolusi dan perjuangan, yang membatasi perkembangan lingkungan dibangun. Selanjutnya, orang Jawa membangun rumah dengan gaya art-deco dimulai tahun 1920 menjadi akar untuk pertama kalinya gaya nasional Indonesia pada tahun 1950. Kontinuitas dari 1920-an dan 30-an hingga 1950-an selanjutnya didukung oleh perencana Indonesia dan rekan-rekan dari Karsten Belanda.
Masjid Istiqlal, masjid nasional Indonesia (Arsitektur Post Independence)
Arsitektur Kontemporer
Tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an melihat investasi asing dan pertumbuhan ekonomi; booming konstruksi besar membawa perubahan besar ke kota-kota Indonesia, termasuk penggantian gaya kedua puluh awal dengan akhir gaya modern dan postmodern booming pembangunan perkotaan terus di abad 21 dan membentuk bangunan pencakar langit di kota-kota Indonesia. Banyak bangunan baru yang dilapisi dengan permukaan kaca mengkilap untuk mencerminkan matahari tropis. Gaya Arsitektur yang dipengaruhi oleh perkembangan arsitektur internasional, termasuk pengenalan arsitektur DEKONSTRUKSIVISME.
Arsitektur modern tidak mengalami perkembangannya di Indonesia, karena sebagaimana gaya arsitektur lain yang diimpor dari negara-negara barat, gaya ini masuk ke Indonesia sebagai pengaruh globalisasi. Gaya arsitektur modern muncul sebagai gaya internasional yang cukup memiliki kemiripan di semua tempat, semua negara. Setidaknya, gaya modern tetap mengusung fungsi ruang sebagai titik awal desain. Di Indonesia, gaya modern dipandang sebagai gaya dimana fungsi ruang juga merupakan titik awal desain.
Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.
Referensi : Wikipedia bhs. Indonesia, http://en.wikipedia.org dan sumber lainnya
Image : Google Image, Wikipedia
(ANS)
ReplyDeleteIndah - indah ya,,,,
OHSAS 18001
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete